menu

Rabu, 24 Juni 2015

E-learning

Pengertian E-learning

Cakupan pengertian e-learning yang cukup luas mengakibatkan banyak orang mendefinisikan e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi umum dari e-learning diberikan oleh Gilbert & Jones dalam Surjono (2011:2), yaitu: pengiriman materi pembelajaran melalui media elektronik seperti internet, intranet/ekstranet, radio, TV, CD ROM, dll. William Horton (2006:1) mendefinisikan e-learning sebagai penggunaan teknologi informasi dan komputer untuk menciptakan pengalaman belajar. Som Naidu mengatakan (2006:1) “E-learning is commonly referred to the intentional use of networked information and communications technology in teaching and learning”.
Sumber Foto : eazysafe.com
Victoria dalam Asmani (2011:129) menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun non formal yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) sebagai pengantar bahan ajar, interaksi, dan atau fasilitasi. Sementara itu Chaeruman (2008 : 31-32) menyatakan bahwa e-learning yang sesungguhnya adalah pemanfaatan TIK yang relevan sehingga memungkinkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana guru lebih berperan sebagai fasilitator, mentor, pelatih, teman belajar dan siswa lebih berperan sebagai partisipan aktif, penghasil pengetahuan, pemecah masalah, serta berbagai pengetahuan sebagaimana layaknya seorang ahli atau pakar. 
Pada umumnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Televisi dan radio yang ditujukan untuk pendidikan juga bisa disebut dengan e-learning, namun umumnya e-learning dikatakan mencapai puncaknya setelah bersinergi dengan internet (internet based learning).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"