menu

Jumat, 26 Juni 2015

Prinsip Desain E-learning

Menurut Mayer (2009 : 270-271) ada tujuh prinsip dasar untuk dalam mendesain multimedia agar program e-learning berlangsung efektif yaitu:
  1. Prinsip multimedia, siswa belajar lebih baik dengan kata-kata dan gambar daripada dengan kata-kata saja.
  2. keterdekatan ruang, siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar yang terkait disajikan saling berdekatan daripada saling berjauhan.
  3. keterdekatan waktu, siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar yang terkait yang ada dilayar disajikan secara simultan (bersamaan) daripada bergantian.
  4. Prinsip koherensi, siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata, gambar atau suara tambahan ditiadakan daripada dimasukkan.
  5. Prinsip modalitas, siswa bisa belajar lebih baik dengan animasi dan narasi daripada animasi dan teks on-screen. 
  6.  Prinsip redundansi, siswa bisa belajar lebih baik dengan animasi dan narasi daripada animasi, narasi dan teks on-screen. 
  7. Prinsip perbedaan individual, pengaruh desain lebih kuat terhadap siswa dengan pengetahuan rendah dari pada siswa dengan pengetahuan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"