Menurut
Mayer (2009 : 270-271) ada tujuh prinsip dasar untuk dalam mendesain multimedia
agar program e-learning berlangsung
efektif yaitu:
- Prinsip multimedia, siswa belajar lebih baik dengan kata-kata dan gambar daripada dengan kata-kata saja.
- keterdekatan ruang, siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar yang terkait disajikan saling berdekatan daripada saling berjauhan.
- keterdekatan waktu, siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar yang terkait yang ada dilayar disajikan secara simultan (bersamaan) daripada bergantian.
- Prinsip koherensi, siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata, gambar atau suara tambahan ditiadakan daripada dimasukkan.
- Prinsip modalitas, siswa bisa belajar lebih baik dengan animasi dan narasi daripada animasi dan teks on-screen.
- Prinsip redundansi, siswa bisa belajar lebih baik dengan animasi dan narasi daripada animasi, narasi dan teks on-screen.
- Prinsip perbedaan individual, pengaruh desain lebih kuat terhadap siswa dengan pengetahuan rendah dari pada siswa dengan pengetahuan tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"